Hati-hati Ranjau Paku Mulai Marak Kembali

0

Assalamu’alaikum

Alhamdulillah masih diberikan nikmat sehat dan tetap semangat dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Aa Ikhwan blog kali ini ingin berbagi sedikit tips yang sedikit banyaknya membantu pengendara terutama para biker yang sering lalu-lalang di jalan untuk bekerja mencari nafkah untuk keluarga.

Akhir-akhir ini Aa Ikhwan blog melihat para biker yang sepeda motornya di dorong dan di tambal di bengkel pinggir jalan karena ban-nya bocor, yang semuanya itu kemungkinan besar disebabkan oleh ranjau paku yang bertebaran di jalan raya.

Bahkan pagi hari ini Aa Ikhwan blog saat di perempatan lamu merah setelah Roxy di Jl. KH. Hasyim Ashari melihat beberapa paku kecil yang berserakan di jalan pas di lampu merah tersebut, bahkan ada beberapa biker yang mengingatkan biker yang lain sambil menunjuk ke arah paku-paku tersebut, sayang gak sempet foto ,.. agak ribet 😀

Bahkan di Jalan Gatot Subroto atau tempat lainnya pihak Kepolisian sering melakukan pembersihan ranjau paku, karena saat ini memang sudah mulai marak kembali, sempat Aa Ikhwan Blog di daerah samsat Daan Mogot melihat pria mungkin Aa Ikhwan Blog menyebutnya sukarelawan -positif thinkking aje-, karena dia mengumpulkan paku-paku yang ada di jalan dengan menggunakan tongkat yang ada magnet di ujungnya.

Ranjau Paku ( Sumber : NTMC Korlantas Polri )
Mobil Pemberantas Ranjau Paku

Kira-kira dari manakah paku-paku tersebut berasal kalau bukan oknum segelintir orang yang ingin mencari untung dengan mengorbankan orang lain. Kalau kita melewati area proyek pembangunan mungkin saja masih masuk akal karena lalu-lalang tukang dan material bangunan yang digunakan, tapi itu pun persentasenya kecil sekali, tapi kalau paku-paku tersebut berserakan di beberapa jalan raya wow..ajaib sekali ya 😀

Maka dari itu tubelesslah..tubelesslah..tubelesslah.. eh maaf waspadalah..waspadalah..waspadalah 😀 😀 😀

Sedikit tips dari Aa Ikhwan Blog
1. Cek kendaraan sebelum pergi (ban, tekanan angin, bensin, lampu dll)
2. Kalau macet, lebih baik sabar daripada memaksakan ambil jalur paling kiri banget (di luar aspal), karena biasanya banyak paku kecil yang bisa menyebabkan bocor halus.
3. hati-hati kalau ada bungkus rokok, sendal, atau yang lain yang ada di jalan karena biasanya paku-paku itu di tempel di benda tersebut walaupun tidak selalu tapi memang ada kejadian seperti itu.
4. Pakai ban Tubeless mungkin bisa sedikit memantu, 😀

Semoga tips ini membantu para pengendara terutama biker yang sering menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian, selalu hati-hati dan waspada di jalan.

Wassalam

Thanks

Aa Ikhwan

Leave a Reply