Jalur Sepeda Motor di Kota Tangerang


Assalamu’alaikum

Apa kabar semuanya, semoga tetap sehat, dan juga semangat 😀

Sebetulnya sudah lama ingin berbagi cerita tentang hal ini,cuma baru kali ini sempet 😀 , di mana saat ini jalan-jalan di kota Tangerang sudah di beri “cat” pemisah, maksud cat di sini adalah pemisah antara jalur kendaraan roda dua dan roda empat.

Salah satu cara Pemerintah Kota Tangerang untuk mendisiplinkan sekaligus melindungi pengendara , maka dibuatlah jalur khusus kendaraan roda empat dan khusus Sepeda Motor di mana jalur roda empat di sebelah kanan seperti layaknya Bus Transjakarta alias Busway dan jalur kendaraan roda dua di sebelah kiri.

Memang sih sebelumnya sudah ada pemisah jalur tersebut ditandai dengan cat warna putih di tengah jalan, mungkin sekarang ini lebih ditekankan lagi pentingnya disiplin berkendara sehingga diberikan list cat warna kuning dan juga putih sebagai pemisahnya.

Walaupun pemisahan jalur tersebut belum seluruhnya ada di Jalan-jalan kota Tangerang minimal ada kemauan pemerintah setempat untuk melindungi pengendara baik roda empat ataupun roda dua sekaligus mendidik kedisiplinan dalam berkendara.


Tampak gambar di atas masih ada kendaraan yang berada di jalur kanan, memang diakui sulit dalam prakteknya mengingat ada beberapa hal yang mungkin masih terlintas dibenak para biker, di antaranya :

1. Sering bentrok dengan angkot 😀
2. Jalur kiri kesannya untuk jalur lambat
3. Kendaraan mobil pribadi pun sering “makan” jalur motor tersebut
4. Kalau macet.. habislah jalur motor, sehingga ambil jalur paling kiri
alias trotoar 😀
5. dll … ( mungkin ada yang bsa menambahkan )..?

yang penting tetap safety riding ya bro 🙂

Wassalam

Aa Ikhwan

Leave a Reply