Assalamu’alaikum

Pa kabar kawan-kawan semua, gimana liburannya apakah menyenangkan ?

Kali ini Aa Ikhwan mau berbagi pengalaman dalam hal meningkatkan akselerasi motor khususnya pada motor Vixion dan mungkin juga bisa diaplikasikan atau dicoba pada motor lainnya :D.

Sudah lama ingin mencoba part racing dipasang pada si Merah Marun terutama kampas kopling dan per kopling racing, sebetulnya kampas dan per kopling standar lumayan bagus juga tp memang terlalu empuk alias tidak padat CMIIW.
Kesempatan datang saat libur hari sabtu langsung meluncur ke BERES langganan dan teknisi langganan 😀 . Kampas kopling dan per kopling racing yang dipilih adalah kampas kopling Daytona dan Per Kopling R9 beli sama Bobby VRacing

Penampakkan Kampas Kopling Daytona :

Kampas Kopling

Penampakkan Per Kopling R9

Per Kopling R9

Pemasangan :

Pemasangannya sangat mudah, yaitu dengan melepas semua kampas kopling standar dan juga per koplingnya kemudian diganti dengan yang baru (baca : racing), o iya kampas kopling berjumlah 5 lembar jadi yang standar di lepas semua berikut dengan plat yang tipisnya agar kampas racingnya bisa masuk semua, kemudian diikuti dengan pemasangan per kopling racing.

Proses pemasangan di BERES, tampak blok mesin kanan, kampas kopling serta per kopling standar yang sudah dilepas.

Proses Pemasangan
Proses Pemasangan

Mekanik BERES yang rapi & bersih – Ketelitian, kerapihan, serta juga kebersihan dari sang mekanik sangat diperlukan selain dari keahliannya.

Mekanik BERES

Manfaat Kampas dan Per Kopling Racing :

Akselerasi bertambah, motor jadi nyundul-nyundul awalnya karena belum terbiasa, kopling lebih padat , dilepas sedikit langsung ngaciir.. itu juga diakui oleh mekaniknya :D.

Update : Untuk kasus yang susah saat oper gigi ke netral (N), biasanya hal tersebut karena posisi kopling terlalu dekat dengan handle coba jaraknya agak jauh dari handle , tapi memang kalau yang tidak biasa dengan kopling jauh akan terasa pegal 🙂

Selamat mencoba

Wassalam

Aa Ikhwan