jump to navigation

RPM Vixion Ngedrop Ke Angka Nol…. ?! December 22, 2010

Posted by aaikhwan in : Serba Modif Motor , trackback

Assalamu’alaikum…

Blog Aa Ikhwan kali ini akan membahas sedikit tentang kelistrikan, walaupun masih awam masalah kelistrikan tapi info ini berdasarkan pengalaman dan mungkin bisa berguna bagi kawan-kawan.

Apakah kawan-kawan ada yang pernah mengalami RPM pada motor khususnya motor Vixion yang mengalami drop ke angka 0 “NOL” ? Kalau ada yang mengalaminya berarti masalah kita sama, dan di sini Aa Ikhwan akan berbagi pengalaman mengenai masalah ini.

Awal kejadian saat pulang kerja malam sekalian jemput istri, setibanya di rumah seperti biasa istri minta lampu motor dinyalakan agar terang untuk membuka, jadi mesin motor ane matiin terus ane nyalain lagi stop kontaknya tanpa mesin hidup ( lampu Netral (N) dan lampu jauh ) saja yang hidup.

Selesai pintu dibuka dan motor pun langsung ane masukkkan ke dalam rumah, sampai kejadian esok paginya saat akan mengeluarkan motor ane lihat kok lampu Netral (N) masih menyala Astaghfirullah ane lupa matiin kunci kontak ,..wah udah dag dig dug der nih pikiran ane udah ke AKI tekor aja πŸ˜€ .. ternyata bener aja saat akan dihidupkan tuh motor gak hidup-hidup elektrik starter n kick starter pun gak sanggup , bahkan saat kunci kontak dimatikan lalu di hidupkan lagi hanya lampu Netral (N) saja yang menyala sedangkan lampu indikator sensor gak menyala serta bunyi yang biasanya ada pun gak ada alias samar.

Akhirnya dengan segala usaha tuh Si merah hidup juga dengan kick starter Alhamdulillah bisa berangkat kerja :D. Sampe kantor motor gak ada masalah, tapi saat pulang masalah baru timbul yaitu lampu sensor pump menyala saat lampu merah dan lampu gak menyala terang,serta angka RPM ngedrop ke angka 0, tapi saat motor jalan lampu sensor dan lampu motor kembali normal dan berulang lagi saat lampu merah atau berhenti.

Perasaan bingung dan gundah menyelimuti pikiran , kira-kira kenapa nih si merah ? , akhirnya ane minta solusi sama “profesor” bro Ivan alias bro VHANZ, dan dia bilang sih cuma setrum aja AKI-nya. Akhirnya hari sabtu ane cb bawa tuh motor ke BERES sekalian service, tapi sebelum ke BERES di rumah si merah ane hidupin sampai kurang lebih 1/2 jam dengan harapan aki ngisi lagi, dan ternyata benar saja saat di bawa ke BERES dan setrum AKI hanya sebentar saja sudah terisi full.

Ilustrasi pengisian AKI, maaf gak sempet foto langsung saat di setrum πŸ˜€ .. catatan , aki vixion menggunakan aki kering.

Perasaan udah tenang dan senang karena masalah sudah beres, tapi… ternyata oh ternyata saat malam tiba tuh masalah kambuh lagi lampu redup dan angka RPM ke angka 0 saat berhenti, ane coba sharing lagi sama bro VHANZ dan dia kasih saran agar coba ganti sekring yang baru, lalu malam-malam ane coba buka bagasi dan cek sekring vixion kelihatannya normal-normal saja, oh ya letak rumah sekring vixion ada dekat AKI seperti terlihat di gambar berikut ini, rumah sekring warnanya putih kalau hitam saya ambil dari internet karena gak sempet foto πŸ˜€ , tapi bentuknya memang begitu.

Rumah sekring Vixion :


karena masih penasaran ane coba cabut tuh sekering tapi malah putus kawat sekringnya nasib..nasib πŸ™ .

Besok pagi ane coba beli sekring Vixion , model sekringnya yang gepeng dengan besar arus 20A CMIIW.

Setelah ane beli sekring dan dipasang di Vixion, Alhamdulillah masalah bener-bener tuntas tas..tas….

Bagi kawan-kawan yang pernah mengalami hal serupa gak ada salahnya cek AKI dan sekring, walaupun masalah itu bisa disebabkan oleh spull yang gosong.

Thanks atas sharingnya buat bro VHANZ

Wassalamu’alaikum

Comments»

1. VJ RacingSpeed - 13/01/2011

Thanx juga broooo…. yang penting saya doakan cepet dapet momongan yaaaa…. wkwkwkwkkwk…

2. aaikhwan - 13/01/2011

Thanks bro vhanz…

3. ipanase - 10/07/2011

ati2 maenan listrik , apalagi motor injeksi

4. aaikhwan - 13/07/2011

^ Ipanese : Gpp bro, kalo cm bongkar pasang sekring aja, kl kelistrikan yg lain blm berani harus sama pakarnya πŸ™‚

5. ipanase - 18/04/2012

jossssssssssss
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/18/minerva-sachs-x-road-150s-resmi-diluncurkan-harga-rp-149-juta-target-30-000-unit-wow/

6. Aa Ikhwan - 18/04/2012

ajib

7. syzski - 29/07/2011

Kalo masalahnya gara2 jatoh gimana tuh a’? Soalnya kmrn abis nabrak orang eeh taunya spidometer ancur gitu :cd: . Indikator lampu pada nyala tp cuman RPMnya aja yang ga gerak alias di nol trus. Apa sama kaya yang diatas masalahnya? Apa karna emng rusak dan harus ganti baru? Kata BERES siih kalo engga kabelnya kalo engga speedonya rusak tp masa iya rusak kalo indikatornya aja nyala (Λ‡_Λ‡’!). Mohon bantuannya yaa a ikhwan πŸ™‚

8. Aa Ikhwan - 29/07/2011

^ syzski : Kl spedemoter kan terhubungnya sama ban,.. kl lampu sensor nyala mungkin ada hubungannya ke kabel.

9. Gogo - 18/04/2012

sip infonya.. nmbah khazanah lg..

10. Aa Ikhwan - 18/04/2012

^gogo : sip,..sharing informasi n solusi dr problemnya πŸ˜€

11. zaqlutv - 19/04/2012

pasang voltmeter Aa’…
untuk memantau kondisi accu dan kelistrikan apakah normal..
merk koso mungkin mahal.. jadi cari voltmeter lokal aja, kisaran 100rb.. sangat berguna lhoo..

12. Aa Ikhwan - 19/04/2012

^zaqlutv : iya betul cuma blm kesampean πŸ˜€

13. zaqlutv - 19/04/2012

saya sudah sampe :mrgreen:

14. Aa Ikhwan - 19/04/2012

kirim foto voltmeter yang terpasang donk :mrgreen:

15. zaqlutv - 19/04/2012

sent via FB 😳

16. Pegazuz - 22/05/2012

Motor ane jg sm penyakitnya ky gt.. Ktnya akinya tekor dan generotor assy sdh g bgs otomatis ane ganti donk.. Disuruh mekanik yamaha.. Stelah diganti bs idup dan bs jln tp rpm msin tidak muter.. Ane jd ragu.. Ane bw motor pelan dijln eh motor lngsng brebet dan mati.. Klo sikring rusak ciri2 sprti apa y mas bro..

17. Aa Ikhwan - 22/05/2012

ciri2nya hampir sama jg sih dengan aki tekor..lampu drop dll. kl secara fisik gak terlihat kecuali gosong. vixion saudara ane jg begitu semua normal tp rpm drop cm ganti sikring aja masalah kembali normal. kl kawan2 bilang sih rumah sikring nya itu yg jelek CMIIW.

18. cletuk - 09/10/2012

pya sya sama bgt ngedrop,tp d brengi ama krj mesin yg g mksimal,yg bkin gw ksel mekanik bengkel resmi yamaha pd maen tebak-tebakan,smpe ane krban hrus beli sepul,xiprok,sekring,batre, tp tetep aja motor ane mpe skrng blm benr alis msh ngdrop.
bagi yang py cra jitu mhn share.

19. Aa Ikhwan - 09/10/2012

wah sepul,kiprok,sikring, n aki dah ganti masih ngedrop rpm nya? blm pernah kejadian ane ,..mohon yg pernah alami share di sini .

20. Bayuarp - 15/01/2013

Sama persis sama kuda q

Ternyata sekringny aja

Dah ngroggoh kocak beli ini itu

21. Aa Ikhwan - 15/01/2013

hehe iya cuma sikring yg memang rumah sikringnya jelek πŸ˜€

22. Rumah Sekring Keramik di Si Merah | Aa Ikhwan Blog - 12/04/2013

[…] sepertinya rumah sikring yang kurang tahan panas CMIIW. Seperti halnya tulisan Aa dahulu di sini mengenai rpm si merah yang drop ke angka nol karena memang saat memasukkan si merah ke rumah Aa […]

23. Frenky - 23/04/2013

Sama persis kejadian nya kaya motor ane 5 bulan yang lalu, sampai bingung salah dimana, untung ketemu juga pada akhirnya masalahnya πŸ˜€

http://www.thedreamerblog.com

24. VAISAL - 03/06/2013

makasih bro, ane jg lag ngalamin ni masalah bgtu, berarti gak usah ke BERES, ni.

25. Aa Ikhwan - 03/06/2013

dicoba dulu cara ini πŸ˜€

26. 005 Fikry F.O.B Surabaya - 19/06/2013

dan jangan lupa msalah tersebut bisa cek spul atau kiprok….

27. Penk Sib - 21/06/2013

Alhmdllah pencerahan..d cb bro saran nya…mudahan cuma sekring doang heeuuu

28. yuda - 26/07/2013

Gan ane pernah nglamin hal yg serupa.motor ane vixi 2012 bln kmren baru 1thn,kejadian nya motor ane klu lagi di panasin lampu depan nya redup2,trs klu di injak rem depan/belakang RPM nya lgsung ngdrop ke angka nol,karna kawatir ane bawa k bengkel,kata mekanik nya harus di ganti kiprok nya,tapi saya gak yakin klu itu kiprok nya,trs saya bilang ke mekanik nya gak di coba di cek sikring nya,emng pas di cek sikring nya masih bagus,krna penasaran di coba lah sikring yg laen,ternyata habis di ganti sikring gejala lampu redup n RPM ngdrop hilang

29. Aa Ikhwan - 26/07/2013

untung gak jadi ganti kiprok πŸ˜€

30. sokheh - 18/08/2013

Gan kalo lampu rem belkangsaat kunci kontak di on kan kok gk nyala itu knp y..pdhl saat direm nyla..

31. Aa Ikhwan - 20/08/2013

Di lampu itu kan ada 2 ‘kawat’ pijar, yg satu untuk lampu belakang n yg satunya untuk lampu rem. Kalo kasus masbro sepertinya kawat pijar lampu belakang yg putus. Mesti ganti satu bohlam πŸ˜€

32. godiel - 15/09/2013

mau nanya gan td ane nglmin kyk gtu nah ane ngddk bli’y coz kburu mau krja nah ane d ksh yg arus’y 15….
itu ngruh ngga ke kelistrikan si vixy?

33. Aa Ikhwan - 16/09/2013

sebetulnya kl gak salah di manual booknya memang tertulis standarnya 15A, tp sikring ane dr beli itu tertulis di sikringnya 20A,..aneh kan :D.

menurut kawan2 sih 15A-20A masih aman dan pas, saat ada arus pendek maka sikring yg akan putus. semoga membantu

34. Sobari - 22/09/2013

Gan

35. Sobari - 22/09/2013

Ane minta bantuan gan… Vixi ane klistrikanya mati total semuanya… Saua coba cek sikring bagus,,saya coba ganti beli yg baru tetep ajh lampu ngk mw nyala..! Kira” masalh nya apa ya gan..??

36. Aa Ikhwan - 23/09/2013

Ini lampu aja yg gak nyala atau motor jg gak mau hidup?

37. farid - 17/11/2013

Wah berarti kejawab nih masalah vixi ane

Sdh ganti aki, tapi indikator yg kuning masih kedip2, trus rpm ga mau naik, motor sdh 3 tahunan

Ganti sekring nya itu ditarik aj atau gmn nih?

38. cokdeh - 06/06/2014

bro,
klo vxion ny ane psngi sikring mobil yg kramik wrna biru 15A kira” ad mslh gk kdepan ny,,mtor ane udh 3hr ni kgk jln,,kmaren mgok sndiri gt jg,,

39. rahman - 11/11/2014

bro,motor ane tadi dijalan hdup lampu warna oren nya..aki nya gak tuh?pas dipencet tombol lampu jauh,rpm jatuh ke 0,itu knp ya bro ikhwan?makasih

40. Aa Ikhwan - 13/11/2014

coba diganti sikringnya dl bro Rahman


%d bloggers like this: