Assalamu’alaikum…

Blog Aa Ikhwan kali ini akan membahas sedikit tentang kelistrikan, walaupun masih awam masalah kelistrikan tapi info ini berdasarkan pengalaman dan mungkin bisa berguna bagi kawan-kawan.

Apakah kawan-kawan ada yang pernah mengalami RPM pada motor khususnya motor Vixion yang mengalami drop ke angka 0 “NOL” ? Kalau ada yang mengalaminya berarti masalah kita sama, dan di sini Aa Ikhwan akan berbagi pengalaman mengenai masalah ini.

Awal kejadian saat pulang kerja malam sekalian jemput istri, setibanya di rumah seperti biasa istri minta lampu motor dinyalakan agar terang untuk membuka, jadi mesin motor ane matiin terus ane nyalain lagi stop kontaknya tanpa mesin hidup ( lampu Netral (N) dan lampu jauh ) saja yang hidup.

Selesai pintu dibuka dan motor pun langsung ane masukkkan ke dalam rumah, sampai kejadian esok paginya saat akan mengeluarkan motor ane lihat kok lampu Netral (N) masih menyala Astaghfirullah ane lupa matiin kunci kontak ,..wah udah dag dig dug der nih pikiran ane udah ke AKI tekor aja 😀 .. ternyata bener aja saat akan dihidupkan tuh motor gak hidup-hidup elektrik starter n kick starter pun gak sanggup , bahkan saat kunci kontak dimatikan lalu di hidupkan lagi hanya lampu Netral (N) saja yang menyala sedangkan lampu indikator sensor gak menyala serta bunyi yang biasanya ada pun gak ada alias samar.

Akhirnya dengan segala usaha tuh Si merah hidup juga dengan kick starter Alhamdulillah bisa berangkat kerja :D. Sampe kantor motor gak ada masalah, tapi saat pulang masalah baru timbul yaitu lampu sensor pump menyala saat lampu merah dan lampu gak menyala terang,serta angka RPM ngedrop ke angka 0, tapi saat motor jalan lampu sensor dan lampu motor kembali normal dan berulang lagi saat lampu merah atau berhenti.

Perasaan bingung dan gundah menyelimuti pikiran , kira-kira kenapa nih si merah ? , akhirnya ane minta solusi sama “profesor” bro Ivan alias bro VHANZ, dan dia bilang sih cuma setrum aja AKI-nya. Akhirnya hari sabtu ane cb bawa tuh motor ke BERES sekalian service, tapi sebelum ke BERES di rumah si merah ane hidupin sampai kurang lebih 1/2 jam dengan harapan aki ngisi lagi, dan ternyata benar saja saat di bawa ke BERES dan setrum AKI hanya sebentar saja sudah terisi full.

Ilustrasi pengisian AKI, maaf gak sempet foto langsung saat di setrum 😀 .. catatan , aki vixion menggunakan aki kering.

Perasaan udah tenang dan senang karena masalah sudah beres, tapi… ternyata oh ternyata saat malam tiba tuh masalah kambuh lagi lampu redup dan angka RPM ke angka 0 saat berhenti, ane coba sharing lagi sama bro VHANZ dan dia kasih saran agar coba ganti sekring yang baru, lalu malam-malam ane coba buka bagasi dan cek sekring vixion kelihatannya normal-normal saja, oh ya letak rumah sekring vixion ada dekat AKI seperti terlihat di gambar berikut ini, rumah sekring warnanya putih kalau hitam saya ambil dari internet karena gak sempet foto 😀 , tapi bentuknya memang begitu.

Rumah sekring Vixion :


karena masih penasaran ane coba cabut tuh sekering tapi malah putus kawat sekringnya nasib..nasib 🙁 .

Besok pagi ane coba beli sekring Vixion , model sekringnya yang gepeng dengan besar arus 20A CMIIW.

Setelah ane beli sekring dan dipasang di Vixion, Alhamdulillah masalah bener-bener tuntas tas..tas….

Bagi kawan-kawan yang pernah mengalami hal serupa gak ada salahnya cek AKI dan sekring, walaupun masalah itu bisa disebabkan oleh spull yang gosong.

Thanks atas sharingnya buat bro VHANZ

Wassalamu’alaikum