Mengganti Sendiri Air Filter Motor Vixion

Assalamu’alaikum..

Bagaimana tarikan atau akselerasi motor Vixion kalian., apakah berat atau enteng akselerasinya…?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa motor kita, baik dari segi mesin, oli, gear dan lain sebagainya,.


Pada tulisan kali ini Aa Ikhwan ingin membagi pengalaman pribadi yang berhubungan dengan meningkatkan akselerasi motor khususnya motor Vixion, dan fokus kali ini adalah mengenai Air Filter atau saringan udara pada motor Vixion.

Sebetulnya apa sih fungsi Air filter itu ?

Air Filter berfungsi sebagai saringan udara untuk kendaraan yang punya kemampuan menyaring kotoran dengan baik tanpa mengganggu kelancaran aliran udara yang masuk untuk keperluan pembakaran, sehingga dengan lancarnya aliran udara tersebut diharapkan dapat meningkatkan akselerasi kendaraan (baca : motor).

Pada motor Vixion terdapat Air Filter yang terletak di bawah tangki motor, di mana kalau kita perhatikan air filter standar bawaan Vixion seperti terbuat dari kertas karton , jadi ketika terjadi proses pengisapan / penyaringan gampang berubah posisinya…beda dengan air filter aftermarket atau boleh dibilang air filter racing yang di lindung oleh kawat-kawat yang tidak akan cepat berubah dibandingkan dengan filter standarnya.

Di pasaran banyak yang menjual air filter racing atau aftermarket dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 CMIIW. Dari merk JFC Filter, Protect, GP Filter dan yang lainnya yang memang semua merk-merk tersebut sangat baik untuk meningkatkan akselerasi motor, kebetulan Air Filter yang ditest di sini adalah GP Filter sambil menunggu Air Filter yang lainnya untuk untuk ditest sebagai perbandingan demi meningkatkan akselerasi motor khususnya buat Si Merah Maroon ane 🙂

Sebelum mulai kita lihat dulu penampakkan Air Filter ori dan GP Filter :

Sekarang kita lanjut ke TKP

Pemasangan Air Filter

Perlengkapan :

1. Air Filter ( GP Filter )
2. Kunci 10 , lebih bagus yg kuncinya model “T”
3. Obeng Kembang
4. Penahan

Cara :

sebagai info , di sini Aa Ikhwan melakukannya tanpa lepas Tangki bensin.

1. Kendurkan/longgarkan baut tangki depan dengan menggunakan kunci 10 (lihat gambar)

2. Buka baut tangki belakang (sebelumnya lepas jok dulu), ini juga menggunakan kunci 10 (lihat gambar )

Kemudian angkat tangki bagian belakang , bisa minta bantuan teman untuk menahan sedikit tangki bagian belakang atau menggunakan penahan 😀

3. Buka baut tutup Filter , gunakan obeng plus alias obeng kembang (lihat gambar)

buka seluruh baut tutup filter semuanya ada 4 buah (jangan lupa letakkan semua baut2 dengan rapi)

4. Lepas penutup Filter dan akan terlihat Air Filter -nya

Kemudian angkat/lepas Air Filter ori tersebut dan gantikan dengan Air Filter baru ( GP filter )

5. Pasang kembali tutup Filter yang tadi dilepas, pasang kembali semua baut-bautnya, kemudian turunkan tangki dan kencangkan kembali baut-baut tangki ( depan dan belakang )

6. Siap Ngaciir…

==============

Manfaat :

Akselerasi bertambah karena saringannya lebih bagus daripada yang ori.

Perawatan : ( diambil dari beberapa sumber )

Rendam Air Filter di wadah dengan air bisa campur dengan pembersih piring, kemudian jemur sampai kering, bisa juga dioleskan tipis oli 2 tak.

Thanks & Wassalam

29 thoughts on “Mengganti Sendiri Air Filter Motor Vixion

  1. numpang nanya jg nich……
    q pengen pasang knalpot racing newbie, kira2 apa pengaruhx pada mesin…..? keuntunganx n’ kerugianx bila pasang knalpot itu….? makasih.

    1. ^ Belky : sbenarnya sh slma ane psang knalpot racing gak banyak untungnya paling cuma tarikan motor terasa enak dan enteng, kl ruginya sih mungkin banyak n brbeda untuk msing2 biker 😀 misalkan kepancing ngebut, kl dah kenceng pasti suaranya gahar n berisik dan lainnya, tp susah memang kl jiwa anak muda yg penting keep safety riding aja. Kalo ke mesin mungkin usia piston tidak sepanjang usia piston saat pake knalpot standar.

    1. ^ Ipanese : Gak punya bro, jadi pake yang ada aja, ke depannya memang hrs pake kunci T lebih enak. Thx bro sarannya

  2. kalau pakai gp filter atau air filter suaranya sama kaya buka filter gk ya? biar mak nguuukk gitu.hhehe.

    sama ane mau tanya, kalau ganti filter racing ky merk impact gitu ngerusak mesin gk ya?

  3. ^ a’an pj : ane pernah cb gak pk filter suaranya memang berbeda saat pk filter, krn mungkin gak ada penahan lagi kali ya 😀 . Menggunakan filter racing tidak masalah selama itu bisa menyaring dengan baik. cmiiw

  4. waaah…tips yang sangat berguna 🙂 ane jg niat mw ganti filter racing ni bro, tp beda merk, hehe…
    mau tanya ni Aa, Aa udah pernah denger “imitshu bio e-fuel 98 + vitamin” kemarin waktu jalan2di carref**r mw beli redex ada ni produk, mw ikut dibeli tp mw cari info dulu, takut2si maroon ane malah knp2di kasih ni suplemen 🙂
    kalo udah pernah denger, mungkin bisa di share pengalaman’y, terimakasih Aa…

  5. ^ rahmadirizma : ane blm prnh coba bro menggunakan bio e-fuel 98+vitamin :D. Tapi kalo dari Yamaha sendiri tidak merekomendasikan penggunakan octane booster seperti itu krn vixi itu kan systemnya injeksi khawatir ada masalah dengan fuel pump-nya masalah karena khawatir pil octane booster tidak meluruh sempurna.
    Nah kl bio e-fuel itu kan bentuknya cairan apakah co2k di vixi ane blm prnh test n sepertinya gak aka ane test apalagi dicampur dengan pil vitamin, ane rasa gak rekomen di vixi mungkin nt bs coba isi premiun campur pertamax :D.

    cb baca info dari blog bang haji Taufik :

    http://tmcblog.com/2011/07/22/yamaha-tidak-merekomendasikan-penggunaan-octane-booster-pada-yamaha-vixion/

    juga dari blog sebelah :

    http://jakatimur.wordpress.com/2011/02/22/efektifkah-penggunaan-bio-e-fuel-98-plus-vitamin/

    semoga bermanfaat ya.

    1. Wah makin mangstab dh inpo’y, tp jujur ane sih ga pernah pengen coba pake yg PIL. Diperut aja yg di giling ga sempurna larutnya, gimana di tangki yg cuma di goyang2doang (asumsi ane). Itu knp ane pilih redex buat sekedar bersihin saluran ruang bakar aja tanpa niat mw naikin oktan 🙂
      -thank you Aa inpoh’y, di tunggu coretan lain’y-
      “salam penunggang garpu tala”

  6. Misi Aa, mongtor ane ceritanya baru ngaspal di jalan sedari bulan juni ini (+- angka di spedo 2500an). Nah, ane kurang fuas ame porforma oli dari pabrikan garputala yg dah nemplok sedari awal tu motor nyangkut dirumah. Nyang jd pertanyaan ane, ape kalo ane ganti oli dg spek yg lebih yahuud, diharuskan mengganti saringan oli’y jg tuh..!? (mohon pencerahan’y Aa..)

    1. ^ rahmadirizma : kl ganti oli dengan yang mantap, saringan oli bisa ganti bisa engga tp saran ane sh ganti aja pake yang punya scorpio karena kl pny vixi itu bahannya dari sejenis kertas, kalo pake filter oli yg punya scorpio lebih tahan lama karena bisa/mudah dibersihkan krn bahannya dari kawat.halus.

      harga filter oli scorpio kisaran 80 ribuan

      selamat mengganti dan mencobanya 😀

  7. Bang Aa ane kan nyoba pasang gp filter pd v-ixion ane,tp hasilnya akselerasi jd berat dan top speed menurun kyak motor mblebeg gt. menurut bang Aa setelan CO ane ini trlalu boros apa malah kurang boros? CO ane di set +5. Mohon pencerahannya ya bang?

  8. Permisi aa ikhwan, mau nanya sedikit nih. Vixion sy (old, bkn NVL) baru ganti knalpot nob1 3bold, filter protec stainless, sm koil protec. Nah kira2 setelan COnya pasnya berapa yak? Mungkin aa punya pengalaman gitu. Sekarang sih disetel +10 ama mekaniknya. Nah kekecilan gak tuh? Soalnya pas baru ganti knalpot doang, blm ganti filter ama koil sempet disetel +13. Terima kasih

    1. mslh CO sih mesti disesuaikan dngn motor dan dirasakan di motornya 😀
      kl sy pk NOBI dulu cuma setel CO +5 , skrang CO cuma +3 karena injektornya udh recing

      1. Hmm kalo cara merasakannya gimana ya? Kering enggaknya setelan COnya gitu. Ada indikasi tertentu gak tuh klo mesinnya kekeringan? Terima kasih

        1. dari busi biasanya pembakarannya bagaimana, test aja seminggu setelah setting CO 😀 .
          ada yg lebih mahal mungkin test dyno kl gak salah ketauan jg AFR nya ..kering atau basah cmiiw .

  9. Pingback: Aa Ikhwan Blog » [DIY] – Mengganti Filter Udara R15

Leave a Reply