Assalamu’alaikum

Halo kawan-kawan para biker pa kabar semua, sebelum lupa walaupun udah telat Aa Ikhwan mau ucapin selamat Idul Fitri 1431H Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Kita langsung aja ke TKP

Blog Aa Ikhwan kali ini akan mencoba membahas masalah pengaplikasian setang jepit di motor khususnya motor vixion karena memang cuma punya motor Vixion 🙂


Tulisan ini didasarkan pada pengalaman Aa Ikhwan dalam memasang stang jepit di motor Vixion, perlu diketahui stang jepit yang Aa Ikhwan pasang di Vixion adalah model drag, tapi model ga masalah karena menurut Aa Ikhwan semua stang jepit sama saja mungkin hanya masalah possisi riding aja yang berbeda-beda dari setiap stang jepit yang dipasang ( nungging, terlalu nungging, dan apalah yang lainnya ..) CMIIW.

Sudah banyak racun-racun Vixion terpasang di Vixion Aa Ikhwan, dari mulai Velg lebar, Ban lebar, Footstep Racing ( dilepas lagi karena rem tromol ga pakem skrang nganggur 😀 ), Cover Tank YMAX, nah..sekarang Aa Ikhwan mau coba pasang setang jepit, khususnya yang model drag.

Alasan awal Aa Ikhwan pasang setang jepit ini adalah karena rencananya nanti akan pasang fairing R1/R6/R15 ( msh bingung mana yang cocok sama karakter Aa Ikhwan). Harga sepasang setang jepit model drag ini lumayan masih bisa terjangkau sekitar 100 ribuan merk ZOX khusus untuk vixion yang berdiameter 33mm..itu murah ato kemahalan ya ? 🙂

Stang Jepit ZOX




Pemasangan Stang :

Sebetulnya gampang sekali memasang stang jepit, tapi karena Aa Ikhwan sekalian service jadi dibawa sekalian tuh setang n dipasang di bengkel :).

Alat-alat yang dibutuhkan :

1. Kunci L untuk dudukan stang dan segitiga stang
2. Kunci 14 untuk membuka/mengendorkan segitiga bawah

Sebelumnya buka dulu semua jeroan yang nempel di stang ( handle gas, rem, handle kopling, pokoknya semua yang nempel di stang dilepas ) , kemudian buka dudukan setang untuk melepas stang standar vixion, setelah itu kendorkan segitiga setang dengan kunci L juga kendorkan segitiga bawah dengan kunci 14 . Kemudian setelah kendor turunkan pelan-pelan body depan vixion agar sok depan lebih naik untuk tempat pemasangan stang jepit, setelah itu pasang stang jepitnya setting setang jepit tersebut apakah sudah ideal.

Setelah setang jepit dipasang, kecangkan kembali baut-baut segitiga atas dan bawah tapi jangan terlalu kenceng dulu. kemudian pasang kembali jeroan-jeroan stang yang sebelumnya dilepas dan sesuaikan letaknya masing-masing agar pas dan tidak menyentuh tangki motor.

Pemasangan Stang di Beres

Selesailah sudah pemasangan stang jepit ini, tinggal dicoba di jalan 🙂 , terus terang saja Aa Ikhwan menemukan kelebihan dan kekurangan dari pengaplikasian stang jepit ini terutama yang model drag .. belum tau kalo model lain 🙂

Stang Jepit – Red Vixion




Kelebihan :

– Style lebih Sporty ( apalagi kalo pake fairing )
– Handling di jalan enak ( kalo jalanannya ga belok2 hehe )

Kekurangan :

– Terlalu nunggning
– Pegel di mana-mana 🙁
– Tekanan ada di depan ( bahaya jg kl pas ada lobang )
– Kasian bini jadi ikut-ikutan nungging 🙂

Sepertinya banyak kekurangannya ya , ….

setelah pemasangan sabtu pagi di bengkel dan test 2 hari ( sabtu dan minggu )… terasa sekali Aa Ikhwan ga nyaman dengan kondisi tersebut pegel di mana-mana , mungkin karena ini model drag… kl model lain mungkin berbeda atau sama aja …???


Akhirnya minggu siang Aa Ikhwan melepas lagi stang jepit tersebut karena setelah test 2 hari pundak bahu mulai terasa pasas ( awal pegel linu ) hehe , dan memasang stang standar lagi tapi dalam kondisi sok tetap turun.

Stang ini terpasang dan ditest di motor Aa Ikhwan sendiri, mungkin hasilnya akan berbeda dengan yang lain… tp jujur Aa ikhwan ga tahaan pegelnya 🙂

Ada yang punya pengalaman suka duka memakai stang jepit ( model apa saja ),
atau ada rekomendasi kawan-kawan stang jepit yang bagus di Vixion ? kl info dari bro vracing sih dia rekomendasi pake stang jepit ori Ninja RR.

Silahkan komentar dan sarannya,

Thanks

Aa Ikhwan

Red Vixion

0 thoughts on “Setang Jepit di Motor Vixion”
  1. coba ngasih masukan om,
    sebenernya bahaya pake stang jepit yg tinggal pasang gitu aja, apalagi yang modelnya dikasih dudukan dulu. resiko patah tinggi, terus kalo setang zox yg om pasang itu gampang kendor dan tiba” lepas. ane tau dari montir bengkel deket rumah, ada anak sekolahan yg dateng komplain tiba” stangnya lepas. untung lagi jalan pelan, itupun yg bawa kaget banget.

    lebih bagus pake segitiga atas bawaan ninja RR berikut stang jepitnya, vracing jual kok 😀
    biar distribusi beban ga terlalu berat di bahu jok bisa dipapas.
    jadi kalo ditarik garis lurus dari posisi stang ke belakang, tinggi permukaan jok ke garis lurus sejajar stang tadi kira” 10 cm.
    ane udah lama sih baca di forum vixion, kalo ada salah mohon ralat 😀

    1. Thanks masukannya bro garry, memang bahaya n terasa banget beban di depan terlalu besar.Saat ini sih balik ke stang standar lg bro :).
      Memang stang jepi bawaan ninja RR cocok n pas di vixi wlpun mesti sedikit tamba daging untuk belokan stangnya, tp rencananya mau cb stang YZF R15 itu jg kl ada duit wkwkwkwk.

      thanks udh mampir,.. n cepet kelar ya produksi jaketnya 😀

      1. alternatif aman yg ga ribet sih pake stang ninja M series om, modelnya mirip stang standar vixi tapi posisi lebih rendah. riding position jadi lebih mantap 😀
        haha emang harga part nya bikin kanker, spakbor belakang aja kena 500ribuan

        oke sama-sama om, kalo jaket sebentar lagi nih, seminggu lagi mah ga berasa hehe nanti langsung ane sms kalo udah jadi 😀

  2. Mas. .
    kmrn dah pasang stang ninja R,tp hasilnya jd aneh gt gasnya kyknya gas dikit ja udh rpm udh tinggi, n bergetar bgt,itu kenapa ya?rpm tuh kayak mentok di 4 sd 5rb.napas nya jd pendek pendek
    padahal klo pake stang ori nya ya normal normal aja gasnya. .

  3. ^ Rully : bro Rully, itu stang ninjanya ori ga trus kalo bandul kanan kirinya gmn terpasang baik tidak ? bandul itu untuk lebih membuat setang stabil kl bandulnya lebih berat hasilnya akan lebih baik n bisa tanya2 harga ke dealer kawasaki terdekat. Kl gas sepertinya terasa ketahan cb cek masalah kabel gasnya, karena stang jepit ini lebih pendek dari stang ori vixion dan juga kemungkinan perlu atur kembali posisi kabel2 tersebut.

    semoga membantu

  4. gan,itu pas dibelokin fuel tanknya kena gak..??
    ane coba psang,,trnyata kena,,tngan juga kjepit kadang..ama,fueltank..
    gimana caranya biar gk kena ya..??

  5. numpang nanya om emang kalo mau pasang fairing harus ganti stang jepit ya om ?
    ane mau pasang fairing juga buat vixi soalnya

  6. Motor ane vixion old pke setang jepit xrider gk pegel gan padahal badan ane kecil:v,gk kerasa pegel tapi klo polisi tidur terasa depanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *