Tulisan ini merupakan lanjutan dari proses modifikasi motor khususnya motor Vixion, di mana tulisan terdahulu membahas masalah velg lebar dan juga masalah setting CO ketika mengganti knalpot secara umum.

Setelah Aa Ikhwan Blog mencoba memodif Velg lebar beserta ban lebar dan tubeless serta tambahan asesoris yang lainnya, maka kali ini Aa Ikhwan Blog mencoba untuk memodif atau mungkin tepatnya mengganti Knalpot standar Vixion dengan knalpot racing, alasan penggantian knalpot ini tak lain hanya untuk meningkatkan akselerasi motor Vixion.

Seperti kita ketahui sebelumnya, setelah Aa Ikhwan mencoba modif velg dan ban dengan ukuran yang besar, maka akselerasi motor menjadi sedikit berkurang karena beban yang berat walaupun sudah ada penggantian gear belakang dengan gear milik scorpio.

Sebelumnya kita lihat dahulu foto Vixion Aa Ikhwan sebelum ganti knalpot :

knalpot ini sebetulnya sudah sangat bagus, baik dari segi model dan juga akselerasi “kalau motor masih standar juga” .

Banyak sekali pilihan knalpot untuk dijadikan rujukan modif pada vixion, tapi di sini Aa Ikhwan Blog hanya memilih knalpot yang tidak terlalu mahal tapi akselerasinya gak kalah dibanding dengan knalpot yang mahal, setelah mencari info di forum atau lainnya, akhirnya menemukan knalpot yang cukup bagus dan modelnya pun gak kalah cantik dengan yang mahal dan juga kebetulan knalpot ini merupakan aseli bikinan lokal.

Knalpot yang Aa Ikhwan maksud adalah merk NOB1 dengan type 3BOLD Series berikut gambarnya :

Mengenai tipe dan harganya bisa dilihat di : NOB1 RACING.

Kebetulan dalam hal ini knalpot NOB1 3Bold yang Aa Ikhwan gunakan adalah barang seken yang boleh dibilang masih bagus 95% karena baru dipakai kurang lebih 10km, akhirnya mulai pemasangan knalpot tersebut di bengkel resmi Yamaha karena nantinya akan ada setting / perubahan pada nilai CO-nya

Sebelum ganti knalpot CO-Vixion Aa Ikhwan sudah dalam kondisi +5, dan setelah penggantian knalpot maka saat ini nilai CO Vixion Aa Ikhwan menjadi +6 , mungkin ini nilai yang pas di motor Vixion Aa Ikhwan walaupun di beberapa forum ada yang memakai +7, +8 dan sebagainya tergantung jenis knalpot.

Perlu diketahui knalpot NOB1 3Bold ini dilengkapi dengan DB Killer (Peredam) untuk meredam bunyi knalpot yang mungkin bagi sebagian orang “berisik” :).

Gambar DB Killer + kawat pengunci :

Tampak Vixion dengan knalpot NOB1 3Bold dari samping :

Tampak Belakang Knalpot tanpa DB Killer :

Tampak belakang Knalpot dengan DB Killer :

Hasil penerapan knalpot ini akselerasi tampak ada peningkatan dan suaranya merdu 😀

Update

Plat Pengganjal standar tengah Vixion dengan knalpot BOB1 3Bold

selamat mencoba…

Thanks

Aa Ikhwan

97 thoughts on “Modif/ganti Knalpot Vixion”
  1. kalo ban masih standar top speed naik bro, cm krn ane velg n ban lebar semua jd ane memanfaatkan akselerasi dengan merubah gear sehingga aksel naik tp speed gak kedodoran.

  2. wah,, mantab… besok langsung searching.. thanks infonya broo…

    sma tanya 1 lagi.. itu DB Killer nya bisa d lepas ya..?? trus klo d lpas pengaruh gak sama suara yg d kluarkan…??

    1. DB Killernya bisa dilepas kok n kalo dilepas suara knalpot jd lbh kecil krn DB killer itu kan sebagai peredam suara. tp dilepas pun suaranya jg ga berisik amat malah ngebass bro 😀

  3. akhirnya setelah muter” di kota solo akhirnya sya dapet knalpotnya…… suaranya emang JOZZZ… wkwkwkkk :D…

  4. gini gan ane sudh masngknalpotnya tapi satandrt 2 nya kena rantai sama buat giginya gimana ya gan soalusinya ?? maksh gan

    1. ^ Aji : dibuat aja sebuah plat berbentuk siku di tukang bubut, lalu di pasang/dibaut dilubang bekas pegangan knalpot standarnya yg ada di dkt footstep. Ato untuk sementara bsa digajal dulu ditengah2 standar tengahnya. smg membantu

  5. oh ok gan tapi itu !!!punya gan menggunkan yang mna ? pa ga da maslah pas dipasng ditu ?
    terima kash ?

    1. ^ Aji : Pake Plat, n ane rekomendasikan untuk pakai/buat plat untuk dudukan standar tengahnya,.. kl cm di ganjal ga bagus juga.

  6. sippp …. thnkz infox ntr q buat platx…alx ne q msh pke gnjal sndal di tgh2 stndr 2nya brooo

  7. ^ Indra : Dulu awalnya ane gear ( 14:44 ) hasilnya akselerasi naik tp speed agak kurang, skrang ane udh enak pake ( 15:44 ) akselerasi naik n speed jg gak kedodoran, kesimpulannya lebih enak yang 15:44. silahkan mencoba

  8. bro. emang klo ganti knalpot vixi hars nyeting CO ya…?? n fungsi CO setelah d setting apa??

    1. ^ Rizky : Perlu setting bro, karena knalpot racing kan akan menghasilkan tenaga besar, jd kasian kl co masih standar, krn daleman knalpot standar sm yg racing kan beda jd co perlu disetting n ditest jalan sampai motor terasa enak 😀 .

    1. ^ Ronald : Ane waktu pasang tuh knalpot, mekaniknya langsung setting CO bro jd dia udh tau 🙂 . Bilang aja sekalian rubah /setting CO krn kan udh knalpot racing.

  9. Alow…
    Blh nanya ga aa..
    Itu kawatnya kok susah amat ya d caplokin
    suer ane ga bsa2 caplokinnya
    Tpaks d kecil pake tang…
    Tlong bantuan

  10. ^ Ronald : Ane waktu pasang tuh knalpot, mekaniknya langsung setting CO bro jd dia udh tau 🙂 . Bilang aja sekalian rubah /setting CO krn kan udh knalpot racing.

  11. ^ Stanley : Jujur aja ya bro stanley, ane juga awalnya keringetan pasang tuh kawat, dan memang harus pake tang cucut yang ujungnya panjang dan juga tenaga yang cukup :D, setelahnya ane gampang tuh buka pasang kawat tersebut. Kelenturan kawat tersebut memang dibuat agak keras sepertinya agar tidak mudah lepas.

  12. Bro ikhwan, gini nih.. kemaren baru ganti knalpot nob1, itu kan ada DBkillernya, nah kawat pengunci ane ilang.. 🙁 solusi buat masalah ane gmn ya bro ? apa ada yang bekas nih ?? bisa kirim ke ane.. tapi ane di malang.. 🙁

    1. ^altaelta : Waduh kok bisa hilang,.. dulu belinya di mana bro? siapa tau di tmpt belinya ada stok kawat ato paling darurat ya bikin kawatnya di toko besi n disesuaikan dengan kawat yang sebelumnya,ksh cntoh aja gambar di blog ini, 😀

    1. ^altaelta : Ane sh td cb kirim email ke Nobiracing nya tanya ada stok kawat gak tp blm dibales,.. ntr kl ada ane kabarin nt sambil nt cb2 bikin kawatnya ya :D.

      1. ^altaelta : bro barusan ane dpt email balasan dari nobiracingnya.
        ini isi balasan email dari NOB1 :
        “Hai bro,

        Salam kenal & terima kasih atas pengaplikasian produk NOB1 di motor anda.

        Sorry bro atas kejadian ini,kirimkan saja pada kami via email ini foto produk yg terpasang sebagai bukti kepemilikan anda dan kawat Pin Dbkillernya akan kami kirimkan secara gratis ke alamat anda.

        jangan lupa sertakan alamat lengkap anda + kode Pos !

        semoga anda puas dengan layanan kami !

        sukses untuk anda & komunitas anda.

        Brgds,
        NOB1 ”

        tapi td ane kirim email lagi, kalo lokasi ente di Malang n ane lg tunggu lg balesannya 😀

  13. Salut nih sama ente dan NOB1…
    baek2 semuanya.. doain dah bisa lancar.. hehe..
    Tapi, kalo untuk foto bukti kepemilikan, harus menyertakan wajah pemilik apa cuman knalpotnya aja bro ? hehe…
    thx bro..

    1. ^ altaelta : Foto aja knalpotnya lg dipegang sm ente :D,… trus kirimkan permasalahan hilangnya kawat dbkiller ente n kirim ke alamat email marketing@nobiracing.co.id. semoga cepet dikirim barang penggantinya. Jangan lupa tulis alamat rumah yang lengkap ya berikut kode posnya .

  14. Wokeh deh bro…
    Sebentar lagi ane foto – foto.. hehe..
    Nanti ane publish kesini, siapa tau ada yang punya masalah sama kyk ane.. hehe.. 😀

    1. ^altaelta : bro barusan ada balesan lg nh dari Nobiracingnya :

      ” Hai bro,

      Terima kasih atas perhatian anda dan kami tetap akan mengirimkan produk pengganti asal masih di dalam negeri.

      kepuasan pelanggan adalah kebanggaan kami bro !!

      Brgds,
      NOB1 “

      1. Beh… beneran nih bro…
        Ntar malem dah ane foto2 bro..
        Makasih banyak ya bro udah mau bantuin ane..
        Semoga dapet balesannya bro..
        thx bro..

  15. bro motor vixi ane koq banyak getarannya dari mesin itu ngaruh ama setingan CO’a ga?? motor masih standar

    1. ^ Awang : Kl dari setting CO sh gak pengaruh krn CO hanya untuk membuat bensin sedikit lebih boros trgantung kenaikkan CO nya. kl getaran sh sebenarnya agak wajar jg bro vixion ane jg bgt cm gak terlalu sih,. mungkin bs dijelaskan getarannya seperti apa. Service rutinnya gmn, n jg Oli dan saringan oli yang dipakai dan diganti rutin tidak? mungkin nanti saat service minta sekalian cek kerenggangan klepnya. thx

  16. Ikut nimbrung gan….

    kemaren ane baru beli harga 350rb, mantapz abiz belum ubah CO, tapi udh mantapz, yang ane takutin lama kelaman pake ney knalpot gmn nasib komponen si vixy??? apa kagak apa2???

    Trus ane mw nanya jg tuch selang chrome baru dipake muter kompleks sekali udh kuning, hayah…… (^_^!)
    apa ada cara bwt nanggulangin,
    THX GAN!!!!!!!!!!!!

    1. ^ Tra89 : Iya memang mantapz bro 😀 , mungkin umur piston tidak selama saat pake knalpot standar. kalo kunng emang tuh ane juga bingung 😀

  17. Bro kok ogut pke velg HMF ban FDR evo performny g brubah y ma pas standar ??”tp pas masih stndar kena limiter trus”
    Top speed g berkurang,
    gigi 5 60kpj rpm masih d 4500,
    gear standart,

  18. ^ R27 : kl ban n velg sudah gede semua cb ganti disektor gear. bisa cb 14:44 atau 15:44.

  19. bro ente bikin penahan standar tengahnya gimana ??
    kan kaga ada tuh kalo di knalpot racing
    thanx

    1. ^ run_d : Sebelumnya ane mash ganjel pake karet sendal 😀 dan setelah itu ane buat plat berbentuk L yg dipasang di lubang deket footstep gak beda dengan pegangan knalpot standar. bedangan kl yg standar platnya nempel di knalpotnya, nh kl yg gak ada platnya maka dibuat dan dipasang didekat footstep.
      Tapi saat ini rata2 knalpot untuk vixion sudah disiapkan plat untuk penahannya atau sudah dilas di knalpotnya

  20. ^ Aamuhlisin Ahmad : ENteng bro, rpm cepet kena limitter terus, ane yg ban n velg lebar aja terasa enak apalagi yng msh standar lebih enteng n ngacir bro 😀

  21. Bro, ane mo tanya nih.. ente pake ban blakang ukuran brapa n depan berapa, trus gear blakang brapa n punya nya ap n gear depan berapa n punya nya apa..? *banyak bener pertanyaannya.. xixixixixixixi..

    ban blakang ane pake corsa 120/80-17 depan Batlax BT-45 110/70-17. cocoknya gear depan blakang pake punya nya ap yah..? n ukurannya brapa..? ^_^

    1. ^ Anes : Ane pernah pk ban depan Corsa 100/70 n belakang Corsa 120/70 n pake gear merk TK depan 14 belakang 44, saat ini pake ban depan Corsa 100/70 n belakang FDR Sport XR Evo 130/70 pake gear depan 15 belakang 44 merk SSS n juga rantenya pake SSS. Yang penting perhitungannya adalah gear belakang dibagi gear depan, kl hasil baginya di atas 3 aksel mantap tp speed kurang, dan sebaliknya kl hasilnya di bwh 3 aksel kurang tp speed dpt, saat ini ane pake yg 15:44 karena hasilnya tengah2 aksel dapet, speed jg gak kedodoran. mnurut ane mungkin pake 15:44 udah cukup bro. selamat mencoba ya 😀

  22. selain merk yg ente rekomendasikan ntu, ad merk lain lagi ga bro yg kualitasnya bgus, soalnya dsini susah nyari.. maklum daerah plosok.. hehehe..

    1. ^ Anes : Jauuh bangets 😀 , mungkin gini aja bro, gear vixion itu kan 14:42 mungkin bisa dicoba dulu pake gear belakang yg 44 jd ratio gearnya menjadi 14:44 siapa tau cocok untuk akselerasinya dan kebetulan bisa menggunakan gear belakang Scorpio krn scorpio gear belakangnya 44.

  23. hehehehe.. oke bro ane coba dlu.. skali lagi thanks berat infonya.. jgn bosan” klo ane nongol nanya” lagi yak.. xixixixi..

    1. ^ William : ANe waktu bikin n pasang plat ga sempet foto bro, n yg diatas vixi blm pake plat, tapi ane cb gambarin ya bro 😀 Cek email ya bro

  24. a,..mau tanya selain CO ada lagi yang harus di setting?
    kalo ganti ke knalpot resing gitu,..

    rencanaya ane mau pake new mugello,..
    tapi gak tau harus setting apa ajja biar pemakaian nkalpotnya maximal/yahudd :hammer

    vixion ane masih sutandar semua belum ada penambahan atau perhantian apa pun, 😀

  25. a,..mau tanya selain CO ada lagi yang harus di setting?
    kalo ganti ke knalpot resing gitu,..

    rencanaya ane mau pake new mugello,..
    tapi gak tau harus setting apa ajja biar pemakaian nkalpotnya maximal/yahudd :hammer

    vixion ane masih sutandar semua belum ada penambahan atau perhantian apa pun, 😀

  26. bro ane punya vixi baru 1 minggu,mau di modif tapi agak sayang,enaknya di modif kaya apa ya ? kalo aku siih modif tapi standart.an bro
    mohon masukannya
    makasih

  27. mas bro,my vixion,q gnti knalpot racing R2 tp leher knalpot’y gede,udh di setting CO’y kq mlbebet suara’y,,tenaga kurng full,,,pa leher knalpot yg gede tu yg bkin susah setting CO’y?mhn solusi’y

  28. mas bro ane jg pakek tuh knalpoy, tapi gok db kiler ane jumlah lubangnya gak sebanyak punyak agan ya? akhirnya gw bor sendiri buat lubang baru…
    emang suaranya jd agak brisik dikit tapi pengaruh ke akselerasinya makin mantab…
    gw saranin pakek jg busi iridium, koil racing, cdi racing yg 5a dan pakek 9power 2 buah…
    jangan lupa pakek oli jg yg milik pemerintah 4t racing, gak usah yg mahal2…
    sentuhan terakhir biar ngirit tapi mantab pakek octan booster…
    ane dah pakek yg N****A yg gold 45 rb, dah di jamin bisa ngejar yg bodi cewek itu lho…

  29. Bro….
    Kalau Co nya masih standard ada kendala buat mesin nggak? N kalau dirasakan beda nggak di stel co nya ama yg di steli co nya

    1. Biasanya justru piksen awal2 akan ditamah co sedikit oleh mekanik bengkel :D. Perbedaan ada n biasanya lbh boros bensin di setiap.penambahan co tp gak boros2 amat 😀

  30. bang ikhwan, mau tanya nih, kok semenjak pake knalpot nobi, mesinnya cepet panas (banget) yah? solusi biar mesin gk cepet panas gimana yah? thanks

  31. oli nya sih yamalube, mungkin ada oli yg lebih recomended? filter oli sih baru 4 bulan yg lalu di ganti

    1. mungkin bisa coba motul atau shell, filter oli sudah pakai yg punya scorpio blm ? krn lbh bagus :D.
      kl dl ane rasain saat ganti knalpot sih gak cepet panas walaupun memeng motor radiator itu terkenal cpt panas, tp ane merasakan panasnya saat menggunakan pertamax makanya kadang ane campur pertamax dengan premium :D. kl sekarang sih pake shell super krn lebih adem . semoga membantu 😀

  32. bro mau tanya nih
    nh gw pkek ban blkg FDR 130/70 ama depan FDR 100/80
    udah gw kasih gear blakang punya scorpio tp lari gag bisa laju juga
    denger” klo koil diganti punya TiRevo bisa bantu perform…
    emg bner ya?
    trus klo gag ad saran gag koil yg kira” cocok bwat vixion?

    1. filter sorcpio sekitar 80rb kl gak salah,..kl pergantiannya ane jg belum ganti2 nih udah lama :D, cuma lihat permukaannya aja kl pas ganti oli minta dibersihin jg filter olinya nah ntar ketahuan tuh kl dah gak bagus ya diganti 😀

  33. mau tnya ni mas?
    kalo knlpotny stndar co nya di bwt +6 axslrasny gmn y mas?
    Untk mt0r vixion

    1. kl standar +6 blm pernah coba karena terakhir standar pk CO +3 dan udah cukup,.. yg pasti CO +6 kecrotan debit bensin lebih banyak dan power sedikit naik cmiiw.

  34. Mau nanya ni bro ikhwan?ane pake knalpot nobi tapi ternyata lehernya nempel di half fairing.akhirnya half fairingnya leleh terpaksa ane ganti lagi knalpotnya pake yg stndart.gmn solusinya agar lehernya gk nempel di half fairing?makasih.

    1. Memang agak susah, beberapa kawan jg ada yg serupa kasusnya..salah satunya pasang cover engine yg nyentuh atau jg leleh akhirnya ada yg dicoak cover engine nya :).
      Barangkali bs cb pasang lilitan anti panas knalpot atau exhaust wrap knalpot.

      1. Exhaust wrap knalpot tuh kyk gmn sih?
        klo pake lilitan anti panas beli dan pasangnya gmn?
        maaf sblumnya udah ngrepotin…

  35. Skedar share aja…eh trnyata bnr kt Aa ikhwan,kmren gue krm email ke nob1 gue bilang klo dbkiller ma kawatnya ilang eh trnyata dganti yg baru ma tim nob1.wah makacih bnget Aa ikhwan ats infonya kmren.dan buat tim nob1 gue salut ama pelayanannya.

  36. Aa Ikhwan, setelah pasang knalpot dan setel CO ini ada keluhan di sektor mesin gk? misalnya kayak brebet di RPM tertentu, cepet panas, atau tarikan di RPM tertentu ada yang drop, dsb gtu? ane juga tertarik mau masang soalnya. 🙂

      1. maksud saya, pengalaman aa ikhwan bagaimana? keluhan2 seperti yang tadi saya sebutkan muncul tidak di vixion milik aa ikhwan? terima kasih. 😀

        1. Iya muncul saat awal pasang makanya disetting co nya, kl panas gak terlalu msh relatif di motor. Kl motor sy sih panas banget soalnya mesin sdh gak standar 😀

  37. setelah setting CO gmana bro hasilnya? lancar jaya kah gk ada gejala brebet atau drop di rpm berapapun? 😀

    oh iya sekalian, kalo knalpot racing kan biasanya ada glasswoolnya tuh, nah biasanya glasswool ganti setiap berapa bulan bro? dan gantinya gampang gk? lalu gampang gk nyari glasswool gantinya? terima kasih 😀

    1. Yg sy rasakan sih lancar jaya…paling power atas yg kurang. Glasswool sy ganti kl suara sudh kurang ngebas alias berisik..gantinya gampang lepas tutup silincer biasanya ada yg diripet atau dibaut. Tinggal masukkan glasswool baru. Glasswool banyak yg jual 😀

      1. siip deh, makasih banyak ya bro ikhwan atas info2 yang telah diberikan. mohon maaf nih kalo saya kebanyakan nanya. hehehe 😀 wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *