Tulisan ini merupakan lanjutan dari proses modifikasi motor khususnya motor Vixion, di mana tulisan terdahulu membahas masalah velg lebar dan juga masalah setting CO ketika mengganti knalpot secara umum.

Setelah Aa Ikhwan Blog mencoba memodif Velg lebar beserta ban lebar dan tubeless serta tambahan asesoris yang lainnya, maka kali ini Aa Ikhwan Blog mencoba untuk memodif atau mungkin tepatnya mengganti Knalpot standar Vixion dengan knalpot racing, alasan penggantian knalpot ini tak lain hanya untuk meningkatkan akselerasi motor Vixion.

Seperti kita ketahui sebelumnya, setelah Aa Ikhwan mencoba modif velg dan ban dengan ukuran yang besar, maka akselerasi motor menjadi sedikit berkurang karena beban yang berat walaupun sudah ada penggantian gear belakang dengan gear milik scorpio.

Sebelumnya kita lihat dahulu foto Vixion Aa Ikhwan sebelum ganti knalpot :

knalpot ini sebetulnya sudah sangat bagus, baik dari segi model dan juga akselerasi “kalau motor masih standar juga” .

Banyak sekali pilihan knalpot untuk dijadikan rujukan modif pada vixion, tapi di sini Aa Ikhwan Blog hanya memilih knalpot yang tidak terlalu mahal tapi akselerasinya gak kalah dibanding dengan knalpot yang mahal, setelah mencari info di forum atau lainnya, akhirnya menemukan knalpot yang cukup bagus dan modelnya pun gak kalah cantik dengan yang mahal dan juga kebetulan knalpot ini merupakan aseli bikinan lokal.

Knalpot yang Aa Ikhwan maksud adalah merk NOB1 dengan type 3BOLD Series berikut gambarnya :

Mengenai tipe dan harganya bisa dilihat di : NOB1 RACING.

Kebetulan dalam hal ini knalpot NOB1 3Bold yang Aa Ikhwan gunakan adalah barang seken yang boleh dibilang masih bagus 95% karena baru dipakai kurang lebih 10km, akhirnya mulai pemasangan knalpot tersebut di bengkel resmi Yamaha karena nantinya akan ada setting / perubahan pada nilai CO-nya

Sebelum ganti knalpot CO-Vixion Aa Ikhwan sudah dalam kondisi +5, dan setelah penggantian knalpot maka saat ini nilai CO Vixion Aa Ikhwan menjadi +6 , mungkin ini nilai yang pas di motor Vixion Aa Ikhwan walaupun di beberapa forum ada yang memakai +7, +8 dan sebagainya tergantung jenis knalpot.

Perlu diketahui knalpot NOB1 3Bold ini dilengkapi dengan DB Killer (Peredam) untuk meredam bunyi knalpot yang mungkin bagi sebagian orang “berisik” :).

Gambar DB Killer + kawat pengunci :

Tampak Vixion dengan knalpot NOB1 3Bold dari samping :

Tampak Belakang Knalpot tanpa DB Killer :

Tampak belakang Knalpot dengan DB Killer :

Hasil penerapan knalpot ini akselerasi tampak ada peningkatan dan suaranya merdu 😀

Update

Plat Pengganjal standar tengah Vixion dengan knalpot BOB1 3Bold

selamat mencoba…

Thanks

Aa Ikhwan