Aa Ikhwan blog ingin mencoba membagi pengalaman dalam modif motor terutama motor sport dan khususnya lagi motor Vixion, karena memang motor tersebut yang dimiliki Aa Ikhwan hehehe. Alasan ingin modif Velg lebar karena awalnya memang hoby MOTOGP dan tertarik mengganti ban dan velg dengan yang lebar.


Sebelum ingin merubah tampilan “kuda besi” tersebut sebaiknya biker memiliki niat dan juga tentunya fulus untuk membeli “racun” ato sparepart yang ingin dimodif. target awal program Modif Vixion Jilid I Aa Ikhwan Blog adalah mengganti Velg standard Vixion dengan Velg lebar.

Persiapan awal tentu rencana untuk pembelian Velg lebar tersebut, setelah membaca di beberapa forum otomotif di internet akhirnya pilihan jatuh pada Velg Merk Power ukuran Front 2.5 , Rear 3.5.

Aa Ikhwan blog membeli Velg Power tersebut di daerah jelambar – Jakarta Barat, tapi sepertinya masih ada yang kurang yaitu ban, karena ban lebih cocok menggunakan ban tubeless yang lebar juga, dan kebetulan ban belakang sudah tubeless menggunakan merk CORSA S123 120/70 – 17, tapi karena saat itu penggunaannya pada velg yang standard jadi tidak begitu terasa cengkramannya he2.

Karena ban tubeless untuk belakang sudah ada sekarang tinggal ban tubeless depan yang belum ada, akhirnya memesan juga di bengkel daerah Jelambar tersebut dan Aa Ikhwan menggunakan CORSA S123 100/70 – 17.

Setelah pemesanan semua “racun” yang diperlukan dilanjutkan ke proses pemasangannya, pemasangan dilakukan di bengkel BMS ( Bimo Motor Sport ) daerah Jelambar – Jakarta barat, pemasangan velg lebar tersebut sangat mudah dan cepat dengan sebelumnya melepas semua velg standar dan juga cakram pada rem depan.

Pemasangan Velg + ban bagian belakang berlangsung cepat dan ternyata ukuran ban sangat pas dan tidak mentok arm motor dan juga tidak perlu menambah ring di besi penahan tromol, maklum yang belakang blm pakai cakram karena belum berani hehe.

ini hasil pemasangan velg lebar bagian belakang :

Pemasangan velg-velg lebar tersebut dilakukan sekaligus depan belakang karena memeng yang pasangnya ada 2 orang jadi cepat prosesnya :D.

ini hasil pemasangan velg lebar bagian depan :

Oh iya hampir lupa, karena ada perubahan pada velg dan ban si Vixion maka beban di ban akan semakin berat dan tarikan pun akan semakin berat juga, tapi Aa Ikhwan terinspirasi dari saran bung Jopir di Blog Jopir , untuk menambah tarikan di Vixion maka gear belakang Vixion yang standar diganti menggunakan gear belakang Scorpio, silahkan baca blognya bung Jopir.

ini hasil pemasangan gear belakang Scorpio :

Akhirnya selesailah proses pemasangan Velg lebar + Ban Tubeless di Motor Vixion, sambil menabung lagi untuk modif/ganti knalpot hehehe..

penampakkan akhir Si Vixi,..

Thanks

Aa Ikhwan

Vixion Rider Tangerang

0 thoughts on “Ganti Velg Vixion dengan Velg Lebar”
    1. ^Imama : dulu ane gantinya sekitar akhir tahun 2009 dan harga Velg merk Power saat itu ane dpt Rp 950.000,- , kalo ban dulu kl gak salah sekitar 300 ribuan jd total 1,2jt-an :D.

      Kalo skrang sih udh banyak velg2 custom plus dudukan untuk cakram belakang semisal merk lokal Chemco yang menurut ane cukup bagus bro.

    1. ^ Abu Tanisha : iya bro makanya kan ane di komen di atas nt menyarankan coba velg chemco n anak2 vixi jg dh banyak yg pake, kalo yg merk power udh agak susah carinya CMIIW :D. thx ya udh mampir

  1. Salam Aa ikhwan salam kenal.. klo sy boleh tanya, klo tetap pake velg standart kekurangannya apa ya, soalnya saya hendak membeli ban gede tapi tetap velg standar, ato ada solusi lain agar tetap tidak ganti velg tapi cukup enak dilihat mata Si Kuda Hitam ku… itu thanks..

    1. Kl pake standar n ban lebar, ban gak menapak sempurna alias ngr-donut bentulnya n bahaya apalagi saat belok atau mereng2 :D. Kl yg standar itu ckup pk ban lebar untuk depan 90/70 atau 90/80.,,belakang 100/70 atau 100/80 itu pas. Tp mslhny msing2 merk ban itu kdng ukuran sama tp saat dipasang beda2.

  2. maaf bro,, gear depan ganti gx,, apa satu set gear scorpio dpasang smua?? soalnya macan putih ana gx ad larinya? apa gear belakang aja dganti ??

    1. gir belakang aja yg diganti jadi rasio girnya jadi 14:44 cuma ya itu dia memang akselerasi dapat tapi speed berkurang 😀

      kalau mau coba tengah2 pake gir 15:44 akselerasi lumyan dpt speed jg gak terlalu kedodoran 😀

  3. bro kl pake velg chemco,yg depan d kasih 90/90 mentok spakbor ori ga,trus kira2 kliatan lucu ga soalnya yg blakang pake 130/70 takutnya malah tinggian dpn dr pd blakang,musim ujan bgini tobat pake spakbor ninja

  4. brow..950 rbu itu udah sepasang depan belakang velgnya..???
    maklum masih baru mau mengikuti modif..hehe
    trus kalo velg chemco sepasang depan belakang cakram (2,5″ & 3,5″) berapa harganya brow..???

  5. Broo,,vixion ane jg pke velg yg sama kya ente merk power ukuran front 2.5, rear 3.5,,
    Klo pke ban ukuran front 100/70, rear 110/70 menurut ente pas ga??

  6. Itu velg belakang masih pake laher asli Old vixion atau ganti pake laher motor lain kang ?

    Kebetulan motor saya juga vixion, pas sekali velg nya sama kayak punya sampeyan. Cuma saya lupa tanya ownernya dulu pake laher apa hehe, kebetulan sekarang udah rada oblak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *