Aa Ikhwan blog ingin mencoba membagi pengalaman dalam modif motor terutama motor sport dan khususnya lagi motor Vixion, karena memang motor tersebut yang dimiliki Aa Ikhwan hehehe. Alasan ingin modif Velg lebar karena awalnya memang hoby MOTOGP dan tertarik mengganti ban dan velg dengan yang lebar.


Sebelum ingin merubah tampilan “kuda besi” tersebut sebaiknya biker memiliki niat dan juga tentunya fulus untuk membeli “racun” ato sparepart yang ingin dimodif. target awal program Modif Vixion Jilid I Aa Ikhwan Blog adalah mengganti Velg standard Vixion dengan Velg lebar.

Persiapan awal tentu rencana untuk pembelian Velg lebar tersebut, setelah membaca di beberapa forum otomotif di internet akhirnya pilihan jatuh pada Velg Merk Power ukuran Front 2.5 , Rear 3.5.

Aa Ikhwan blog membeli Velg Power tersebut di daerah jelambar – Jakarta Barat, tapi sepertinya masih ada yang kurang yaitu ban, karena ban lebih cocok menggunakan ban tubeless yang lebar juga, dan kebetulan ban belakang sudah tubeless menggunakan merk CORSA S123 120/70 – 17, tapi karena saat itu penggunaannya pada velg yang standard jadi tidak begitu terasa cengkramannya he2.

Karena ban tubeless untuk belakang sudah ada sekarang tinggal ban tubeless depan yang belum ada, akhirnya memesan juga di bengkel daerah Jelambar tersebut dan Aa Ikhwan menggunakan CORSA S123 100/70 – 17.

Setelah pemesanan semua “racun” yang diperlukan dilanjutkan ke proses pemasangannya, pemasangan dilakukan di bengkel BMS ( Bimo Motor Sport ) daerah Jelambar – Jakarta barat, pemasangan velg lebar tersebut sangat mudah dan cepat dengan sebelumnya melepas semua velg standar dan juga cakram pada rem depan.

Pemasangan Velg + ban bagian belakang berlangsung cepat dan ternyata ukuran ban sangat pas dan tidak mentok arm motor dan juga tidak perlu menambah ring di besi penahan tromol, maklum yang belakang blm pakai cakram karena belum berani hehe.

ini hasil pemasangan velg lebar bagian belakang :

Pemasangan velg-velg lebar tersebut dilakukan sekaligus depan belakang karena memeng yang pasangnya ada 2 orang jadi cepat prosesnya :D.

ini hasil pemasangan velg lebar bagian depan :

Oh iya hampir lupa, karena ada perubahan pada velg dan ban si Vixion maka beban di ban akan semakin berat dan tarikan pun akan semakin berat juga, tapi Aa Ikhwan terinspirasi dari saran bung Jopir di Blog Jopir , untuk menambah tarikan di Vixion maka gear belakang Vixion yang standar diganti menggunakan gear belakang Scorpio, silahkan baca blognya bung Jopir.

ini hasil pemasangan gear belakang Scorpio :

Akhirnya selesailah proses pemasangan Velg lebar + Ban Tubeless di Motor Vixion, sambil menabung lagi untuk modif/ganti knalpot hehehe..

penampakkan akhir Si Vixi,..

Thanks

Aa Ikhwan

Vixion Rider Tangerang