Memilih Anti Virus

Oleh : Ikhwan Supriyana ( Aa Ikhwan )

Sebagian orang termasuk penulis kadang disibukkan dengan adanya bermacam-macam jenis virus komputer yang mengganggu baik dalam skala kecil, menengah , atau bahkan membahayakan system komputer/laptop kita.


Oleh : Ikhwan Supriyana ( Aa Ikhwan )

Sebagian orang termasuk penulis kadang disibukkan dengan adanya bermacam-macam jenis virus komputer yang mengganggu baik dalam skala kecil, menengah , atau bahkan membahayakan system komputer/laptop kita. Virus-virus tersebut tersebar secara luas melalui jaringan-jaringan internet baik yang berasal dari lokal ataupun dari luar negeri.

Penulis mencoba untuk berbagi pengalaman menggunakan beberapa anti virus untuk keperluan keamanan system komputer kita dan juga data-datanya.

Penggunaan Malwarebytes :

Berdasarkan pengalaman penulis menggunakan Malwarebytes selama ini dirasakan cukup handal terutama untuk menangkap trojan yang ada di komputer kita, dengan catatan jangan lupa untuk selalu di update dan juga software ini bisa diunduh secara gratis di

Penggunaan SMADAV :

Antivirus besutan lokal ini dirasakan cukup baik untuk saat ini, untuk mendeteksi trojan, sality dan juga kerusakan pada registry windows dapat direpair dengan SMADAV ini, apalagi di kolaborasikan penggunaannya dengan Malwarebytes tersebut di atas dan tidak mengganggu sama sekali. SMADAV juga bisa diunduh gratis di , kalau mau yang versi PRO-nya bisa mengirimkan/transfer donasi untuk pengembangan SMADAV, bisa dilihat di situsnya.

Penggunaan AVIRA :

Anti Virus yang satu ini juga lumayan handal dalam pengoperasiannya mendetect dan meremove virus komputer yang mengganggu system, Avira juga merupakan salah satu anti virus luar yang bisa diunduh secara gratis di alamat

Catatan : Pengalaman penulis menggunakan 3 aplikasi antivirus tersebut saat ini sangat baik sekali dalam mendetect, merepair atau bahkan menghapus virus-virus komputer.

Selamat mencoba, semoga berhasil

Wassalam

Aa Ikhwan

Leave a Reply